Pendidikan Karakter dalam Kitab Ta’limul Muta’allim dan Relevansinya dengan Program Pendidikan Karakter di Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.0000/ah.v3i1.16Abstract
Tujuannya penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim (2) Bentuk paparan dalam kitab Ta’limul Muta’allim (3) Relevansi nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim dengan pendidikan karakter di Indonesia. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka (library research). Penulis berusaha mengkaji nilai-nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam kitab Ta’limul Muta’allim”.Teknik pengumpulan data dengan cara menggali bahan-bahan pustaka yang koheren dan relevan dengan objek pembahasan yang dikaji. Adapun pendekatan yang digunakan adalah deskriptif. Analisisnya menggunakan analisis isi (content analysis) yaitu suatu metode yang menggunakan teknik sistematik untuk menganalisis isi data dan mengkaji data Hasil sebagai berikut: (1) nilai-nilai pendidikan akhlak dalam kitab Ta’limul Muta’allim antara lain: memiliki niat yang baik, musyawarah, rasa hormat, sabar dan tabah, kerja keras, meyantuni diri, bercita-cita tinggi, sederhana, saling menasehati, istifadzah (mengambil pelajaran), tawakkal. Paparan kitab Ta’lim Muta’allim dalam bentuk bait/ nadzom, narasi, diskripsi yang disajikan dalam fasal-fasal. Relevansi nilai pendidikan akhlak dalam kitab kitab Ta’lim Muta’allim dengan pendidikan karakter mengandung penanaman nilai-nilai yang meliputi karakter religius, disiplin, tanggung jawab, bersahabat atau komunikatif, cinta damai, toleransi, jujur, demokratis, menghargai prestasi dan pedulisosial.
Kata Kunci: Pendidikan Karakter, Kitab Ta’limuta’alim, Program Pendiidikan Karakter
References
Basyar, Achmad Beadie Busyroel. “Pemikiran Syekh Ibnu Athaillah as-Sakandari tentang pendidikan sufistik dan relevansinya dengan pendidikan karakter di Indonesia: Telaah Kitab al-Ḥikam al-Aṭāiyah.” Undergraduate, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2016. http://etheses.uin-malang.ac.id/4960/.
Bahri, M. S., Mispani, M., & Tukiran, T. (2021). Education Character Perspective of KH Hasyim and Hafidz Hasan Al-Mas’ udi. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 16-45.
Cahyono, H., Suhono, S., & Khumairo, A. (2018). Pendidikan Karakter Bagi Pelaku Pedofilia (sebuah Strategi dalam Mengatasi Amoral). JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 3(1), 1-19.
Fauzi, Ahmad. “Psikosufistik Pendidikan Islam Dalam Perspektif Pemikiran Syekh Ibnu Atha�illah.” Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman 8, no. 2 (1 Agustus 2018): 229–40. https://doi.org/10.33367/ji.v8i2.714.
Fathoni, M., Fadillah, K., Jannah, S. R., & Yusuf, M. (2021). The Efforts of Teachers’ Islamic Education in Forming Students' Religious Character at SMPN 5 Gunung Labuhna Way Kanan. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 106-123.
Husni, Muhammad, dan Muhammad Hasyim. “PENDIDIKAN SUFISTIK MULTIKULTURAL DALAM PENDIDIKAN KARAKTER DI INDONISIA.” Akademika 13, no. 01 (3 Juni 2019). https://doi.org/10.30736/adk.v13i01.132.
Ishari, Nurhafid, dan Ahmad Fauzan. “Pendidikan Karakter Dalam Kitab Al-Hikam Al-Atha’iyyah Karya Syekh Ibnu Atha’illah As-Sakandari.” Tarbiyatuna: Jurnal Pendidikan Islam 10, no. 1 (15 Februari 2017): 66–79.
Ishmah, N, dan H Aliyah. “Perspectives Social Sufismin Remediation Crisis Moral in Humans Modern.” Journal Intellectual Sufism Research (JISR) 2, no. 2 (2020).
Islamy, M. R. F., Komariah, K. S., Kurniani, E., Yusfiana, F. M., & Marwah, S. (2022). Improving Student Polite Character in Online Learning in the Covid-19 Pandemic Period. Bulletin of Science Education, 2(1), 41-51.
Jannah, Eka Miftachul, Abdul Kholid, dan Mohammad Saat Ibnu Waqfin. “Konsep pendidikan sufistik menurut ibnu athaillah as-sakandari dalam kitab al-hikam al-athaiyyah dan relevansinya terhadap psikologi pendidikan islam.” JoEMS (Journal of Education and Management Studies) 4, no. 1 (20 Februari 2021): 59–66.
Khamid, A., & Chusna, N. C. (2021). The Implementation of Ta'lim Muta'allim Book in Forming Ethics to Provide Parents. Bulletin of Science Education, 1(1), 50-59.
Kristiawan, M., Suhono, S., Yussof, M. H. B., & Muslimah, M. (2021). The International School’s Culture in Indonesia and Brunei Darussalam. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 180-191.
Kristiawan, M., Ahmad, S., Tobari, T., & Suhono, S. (2017). Desain Pembelajaran SMA Plus Negeri 2 Banyuasin III Berbasis Karakter Di Era Masyarakat Ekonomi ASEAN. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 2(2), 403-432.
“kitab hikam terjemah pdf - Penelusuran Google.” Diakses 29 Agustus 2021. https://www.google.com/search?q=kitab+hikam+terjemah+pdf&oq=kitab+hikam+terjemah&aqs=chrome.1.69i57j0i512l2j0i22i30l6.7791j0j15&sourceid=chrome&ie=UTF-8.
Nasution, Efrizal. “Problematika Pendidikan di Indonesia Oleh:,” 2006, 10.
Ngubad, K., Mispani, M., & Tukiran, T. (2021). Moral Development of Students at SD Negeri 2 Sumber Agung Ogan Komering Ilir Regency. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 70-82.
Putra, P., Liriwati, F. Y., Tahrim, T., Syafrudin, S., & Aslan, A. (2020). The students learning from home experience during covid-19 school closures policy in indonesia. Jurnal Iqra, 5(2).
Qomarudin, A. Qomarudin. “Pendekatan sufistik dalam pembelajaran pendidikan agama islam.” Piwulang: Jurnal Pendidikan Agama Islam 2, no. 1 (30 September 2019): 25–35. https://doi.org/10.32478/piwulang.v2i1.299.
Rajab, Hadarah. “Epistemologi Tasawuf Sebagai Nilai Utama Pembinaan Akhlak.” Tawshiyah: Jurnal Sosial Keagaman Dan Pendidikan Islam 15, no. 2 (2020): 20–35. https://doi.org/10.32923/taw.v14i2.1628.
Rahimah, R., Juriah, N., Karimah, N., Hilmatunnisa, H., & Sandra, T. (2020). The problems and solutions for learning activities during Covid-19 pandemic disruption in Hidayatul Insan Pondok school. Bulletin of Community Engagement, 1(1), 13-20.
Sari, Y. A., Septiyana, L., Suhono, S., Anggaira, A. S., & Umar Al Faruq, A. H. (2021). Corrective Feedback in Learning Interaction: Integration of Surface Strategy Taxonomy. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2266-2280.
Saihu, Saihu. “Konsep pembaharuan pendidikan islam menurut fazlurrahman.” Andragogi: Jurnal Pendidikan Islam dan Manajemen Pendidikan Islam 2, no. 1 (25 Maret 2020): 82–95. https://doi.org/10.36671/andragogi.v2i1.76.
Syaikhoni, Y., Subandi, S., Fadillah, K., & Pratiwi, W. (2021). The Implementation of Student Discipline Character through School and Parents' Collaboration. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 174-186.
Sholihah, Abdah Munfaridatus, dan Windy Zakiya Maulida. “Pendidikan Islam Sebagai Fondasi Pendidikan Karakter.” QALAMUNA: Jurnal Pendidikan, Sosial, Dan Agama 12, no. 1 (14 Maret 2020): 49–58. https://doi.org/10.37680/qalamuna.v12i01.214.
Tika, “View of Problematika Pendidikan Agama Islam di Era Digital.” Diakses 30 Agustus 2021. http://iainkediri.ac.id/prosiding/index.php/pascasarjana/article/view/44/34.
Wahyuni, W., Jannah, S. R., & Fadillah, K. (2021). The Role of Teacher Islamic Education in Shaping Student Morals at State Junior High School 03 Baradatu Way Kanan Regency. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 136-14
Yolanda, A. T., & Kailola, L. G. (2021). The effect of teacher competence and emotional intelligence on students development character at senior high school kristen barana’. Bulletin of Science Education, 1(2), 164-181.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Binti Sadiyah, Muhammad Yusuf, , Siti roudhotul Jannah
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.