Pengaruh Kepeminpinan Kepala Sekolah Terhadap Motivasi dan Kinerja Guru Di Mts Bustanul Ulum Malang
influence of the principal's participatory leadership on teacher motivation and performance
DOI:
https://doi.org/10.0000/ah.v5i1.31Keywords:
Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja GuruAbstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh kepemimpinan partisifatif kepala sekolah terhadap motivasi dan kinerja guru di MTs Bustanul Ulum Pakisaji Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis metode ex post facto. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah berupa analisis deskriptif dan analisis inferensial. Hasil penelitian membuktikan: (1) hasil validitas butir soal angket yang diperoleh bahwa data angket yang telah disusun layak untuk digunakan sebagai pengumpulan data atau memenuhi kriteria valid, (2) Pengaruh kepemimpinan partisipatif kepala sekolah untuk hasil uji parsial variabel X terhadap variabel Y1 diperoleh bahwa nilai t hitung untuk variabel X sebesar -1,045. Berdasarkan hasil perhitungan nilai t hitung yang diperoleh -1,045< t tabel 1,994, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak, (3) Pengaruh kepemimpinan partisipatif kepala sekolah untuk uji parsial pada variabel X terhadap variabel Y2 diperoleh bahwa nilai t hitung sebesar 1,070. berdasarkan hasil perhitungan nilai t hitung sebesar 1,070. Dengan demikian, jika nilai t hitung yang diperoleh 1,070< t tabel 1,994, maka dapat disimpulkan bahwa hipotesis ditolak.
Keywords: Kepemimpinan, Motivasi, Kinerja Guru
References
Busro Lamberi dan Soekarto Indra Fachrudi, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1983. 97
Suryati, Hubungan gaya kepemimpinan partisipatif dan suportifrelasional kepala madrasah dengan peningkatan kompetensi profesional guru matematika di madrasah aliyah swasta sekabupaten Probolinggo. Program magister manajemen pendidikan islam program pascasarjana universitas islam negeri maulana malik ibrahim malang 2013
Titik Rosnani, Pengaruh Kepemimpinan Transaksional dan Kepemimpinan Transformasional Terhadap Kepuasan Kerja dan Kinerja Dosen Universitas Tanjung Pura Pontianak, (Jurnal Ekonomi Bisnis dan Kewirausahaan, Vol 3, No 1, 2012), hal 9-10
Sri Setiyati, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru.Gunungkidul:203
Howieson,W.B introduction leadership. UK: Emerld publishing, 2019. 35
Priyo Suponco, Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Serta Pengaruhnya Terhadap Mutu Pendidikan. Indramayu: Edum Journal, 2018. 91
Dielfi Mariana, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah Terhadap Efektivitas Sekolah Penggerak dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Sidoarjo: jurnal Pendidikan tambusai2021.10229
Linlin Wang, Wan Jiang, Zhiying Liu & Xifang Ma, Shared leadership and team effectiveness: The examination of LMX differentiation and servant leadership on the emergence and consequences of shared leadership China: Routledge Taylor& Francis Group 2017. 3
Linlin Wang, Wan Jiang, Zhiying Liu & Xifang Ma, Shared leadership and team effectiveness: The examination of LMX differentiation and servant leadership on the emergence and consequences of shared leadership China: Routledge Taylor& Francis Group 2017. 1
John P. Spindler And Paul S. George, Participatory Leadership in the Middle School. USA: Routledge 2015. 293
Michael W. Kramer, Shared Leadership in a Community Theater Group: Filling the Leadership Role. London: Routledge Taylor& Francis Group 2014. 145
Mohamad Nurman, Yovitha Yuliejantiningsih, Fenny Roshayanti, Pengaruh Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Kompetensi Guru Terhadap Mutu Sekolah. Semarang JMP Universitas PGRI Semarang 2018. 232
Puji Hastuti, AT Soegito, Fenny Roshaanti, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru. Semarang.35
Puji Hastuti, AT Soegito, Fenny Roshaanti, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru. Semarang 36
Sri Setiyati, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru.Gunungkidul: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan 2014.201
Presiden Republik Indonesia,Peraturan pemerintah Republik Indonesia no 28 tahun 1990.4
Sumartono, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume IV, Nomor 1. Jogja: Wiyata Dharma 2016.17
Busro Lamberi dan Soekarto Indra Fachrudi, Pengantar Kepemimpinan Pendidikan, Surabaya: Usaha Nasional, 1983. 97
Syamsu Q. Badu dan Novianty Djafri, kepemimpinan & prilaku organisasi. Gorontalo: Ideas 2017.52
Djafri Novianty, Manajemen kepemimpinan kepala sekolah, yogyakarta:deepublish. 2016.7
Botitihe,dkk menjadi kepala sekolah professional era revolusi 4.0 yogyakarta:Zahir 2020.179-182
Jansen Sinamo, Strategi Adaptif Abad ke-21. Jakarta: Gramedia, 2000.146-151
Sondang P. Siagian, Teori dan Praktek Kepemimpinan. Jakarta: Rineka Cipta, 1999.48-70
Puji Hastuti, Soegito, Fenny Roshaanti, Pengaruh Gaya Kepemimpinan Partisipatif Kepala Sekolah Dan Iklim Sekolah Terhadap Etos Kerja Guru.semarang: 36
Sumartono, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan Volume IV, Nomor 1. Jogja: Wiyata Dharma 2016.17
Djafri Novianty, Manajemen kepemimpinan kepala sekolah, yogyakarta:deepublish. 2016.20-21
Sri Setiyati, Pengaruh Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Kerja, Dan Budaya Sekolah Terhadap Kinerja Guru.gunungkidul:203
Yuko goto butler, arental factors in children’s motivation for learning English: a case in China, USA: CrossMark 2014.166
Yuko goto butler, arental factors in children’s motivation for learning English: a case in China, USA: CrossMark 2014.165
Katharina Glas, Opening up ‘spaces for manoeuvre’: English teacher perspectives on learner motivation, London: Routledge 2015.1
Katharina Glas, Opening up ‘spaces for manoeuvre’: English teacher perspectives on learner motivation, London: Routledge 2015.2
Weiping Hu, Xiaojuan Jia, Jonathan A. Plucker, and Xinxin Shan, Effects of a Critical Thinking Skills Program on the Learning Motivation of Primary School Students. China: Routledge 2016. 70
Vivian Khamis, Samir Dukmak & Hala Elhoweris, Factors affecting the motivation to learn among United Arab Emirates middle and high school students. London: Routledge taylor dan pracis 2014.191
Barbara L. McCombs, Processes and skills underlying continuing intrinsic motivation to learn: Toward a definition of motivational skills training interventions.London: Routledge taylor dan pracis, 2015. 200
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Hasrul, Riski Angga Putra, Munirul Abidin
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.