Manajemen Peserta Didik Melalui Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika

IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA

Authors

  •  Meytati Rahma Mey  Universitas Sriwijaya
  •  Rahmi Susanti  Universitas Sriwijaya Sumsel
  •  Meilinda  Universitas Sriwijaya Sumsel

DOI:

https://doi.org/10.0000/ah.v5i1.38

Keywords:

Pendidikan, Peserta Didik, Nilai-nilai Pancasila, Bhineka Tunggal Ika

Abstract

Pendidikan di Indonesia harus dirumuskan dan dirancang sebaik mungkin

sehingga peserta didik dapat mengembangkan potensinya sesuai harapan dan tujuan bangsa Indonesia tanpa mengurangi suasana kebebasan, tanggung jawab sebagai warga negara yang baik. Sebagai bangsa yang Berbhineka Tunggal Eka kita harus dapat menanamkan nilai-nilai Pancasila agar tetap terjaga samapai akhir nanti oleh karenanya sebagai generasi bangsa kita betul-betul harus menyiapkan diri agar dapat menghadapi dan dapat bersaing dalam segala bidang dalan menyongsong kehidupan yang berkemajuan tentunya dengan tetap membawa Indonesia menjadi lebih baik tanpa mengesampingkan ciri khas bangsa Indonesia. Kebhinekaan atau yang berbeda-beda itu menunjuk pada realitas objektif masyarakat Indonesia yang memiliki keanekaragaman yang tinggi. Pancasila mengandung berbagai nilai-nilai pengajaran mulia, yang didalamnya mengandung kearifan lokal kedaerahan, kebudayaan, suku, adat dan agama di Indonesia. Profil pelajar Pancasila dirancang untuk menjawab satu pertanyaan besar, yakni peserta didik dengan profil (kompetensi) seperti apa yang ingin dihasilkan oleh sistem pendidikan Indonesia.

References

Akbar, Eliyyil. (2020). Metode Belajar Anak Usia Dini. Jakarta: Kencana.

Karim, M. Abdul. 2004. Menggali Muatan Pancasila dalam Perspektif Islam. Yogyakarta: Surya Raya.

Khosiah, Nur. (2020). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Peserta Didik di Madrasah Ibtidaiyah Mambail Falah Tongas-Probolinggo. Jurnal Al-Insyiroh: Jurnal Keislaman, 6(1).

Nany, S. 2009. Menanamkan Nilai Pancasila Pada Anak Sejak Usia Dini. Jurnal Humanika, 9(1), 107-116.

Satria, Rizky., Adiprima, Pia.., Wulan, Kandi Sekar., Harjatanaya, Tracey Yani. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila.. https://kurikulum.kemdikbud.go.id/wp-content/uploads/2022/06/Panduan- Penguatan-Projek-Profil-Pancasila.pdf

Setyadi, Leken. 2019. Jadilah Guru Terbaik. Ponorogo: Uwais Inspirasi Indonesia.

Setyaningsih, Umi. (2019). Implementasi Nilai-Nilai Bhineka Tunggal Ika Pada Peserta didik Kelas VII SMP Negeri 1 Surakarta pada Tahun Pelajaran 2016/2017. Civics Education and Social Sciense Journal (CESSJ), 1(1).

Sulianti, Ani., Efendi, Yusuf., Sa’diyah, Halimatus. (2020). Penerapan Nilai-nilai Pancasila dalam Lembaga Pendidikan. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 5(1), 54-65.

Wahyono, Imron, (2018). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Kegiatan Pembelajaran Di SDN 1. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar Edisi 2 Tahun ke-7. https://journal.student.uny.ac.id/index.php/pgsd/article/view/10595/10129.

Downloads

Published

2024-01-30

How to Cite

Mey, M. R., Rahmi Susanti, & Meilinda. (2024). Manajemen Peserta Didik Melalui Pengimplementasian Nilai-Nilai Pancasila dalam Bingkai Bhineka Tunggal Ika: IMPLEMENTASI NILAI-NILAI PANCASILA DALAM BINGKAI BHINEKA TUNGGAL IKA. Jurnal Al-Hikam, 5(1), 1–14. https://doi.org/10.0000/ah.v5i1.38