Penanaman Nilai-Nilai Islam Nusantara (Islam Moderat) di Pondok Pesantren Daarul Muttaqiin Lampung Tengah

Authors

  •  Abidin Muhammat  Institut Agama Islam Maarif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
  •  Subandi  Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Indonesia
  •  Tukiran  Institut Agama Islam Maarif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.0000/ah.v3i1.17

Abstract

Kemunculan Islam Nusantara (Moderat) merupakan ciri khas Indonesia, di mana Islam Nusantara ini di nyatakan sebagai agama yang universal, dimanifestasikan dalam ajarannya, yang mencakup hukum agama (fiqh), kepercayaan (tauhid), serta etika (akhlak). Meskipun Islam Nusantara memberikan nuansa baru dalam beragama Islam dengan memasukkan budaya dalam agamanya, namun cara beragama seperti ini tidak menghilangkan kemurnian ajaran Islam itu sendiri, dengan menjadikan al Quran dan Hadits sebagai pedoman dan tuntunan dalam kehidupan sosial masyarakat Indonesia. Dalam beragama, Agama Islam mengajarkan untuk saling menghargai dan saling toleransi, agama yang mengajarkan penganutnya untuk saling menyayangi, mengasihi dan mengayomi tanpa memandang ras, kebangsaan, serta struktur sosial. Hal ini sejalan dengan pemahaman Islam yang dianut oleh Pondok Pesantren Daarul Muttaqiin yang senantiasa menanamkan nilai-nilai Islam Nusantara (Moderat) kepada para Santri baik Harokah,Fikrah,Amaliyyah dan Ghiroh

Kata Kunci: Nilai – Nilai Islam Nusantara, Islam Moderat, Penanaman Islam Nusantara

References

Abdurrahman Wahid, dkk, 2016. Islam Nusantara, Bandung: Mizan. Abdulloh,Ridwan, 2015. Pendidikan Karakter .Jakarta:Bumi Aksara. Afifudin,Dkk. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif Bandung:Pustaka Setia.

Abu An’im, 2010. Referensi Penting Amaliyah NU dan Problematika Masyarakat Jawa Barat: Mu’jizat.

A.Fatih Syuhud, 2017. Ahlussunah Wal Jammah Islam Wasathiyah, Tasamuh, Cinta Damai, Malang : Pustaka Alkhoirot.

Azyumardi Azra, 2016. Jaringan Ulama Timur Tengah dan Kepulauan Nusantara

Abad XVII dan XVIII. Bandung: Mizan.

Azam Syukur Rahmatullah, “Konsepsi Pendidikan Kasih Sayang Dan Kontribusinya Terhadap Bangunan Psikologi Pendidikan Islam” LITERASI Volume. VI, No. 1 Juni 2014.

Badan Litbang dan Diklat Kementerian Agama, 2010. Peranan Pondok Pesantren dalam Mengembangkan Budaya Damai, Jakarta : Maloho Jaya Abadi Press

Fatahillah, M., & Afadh, M. (2022). The Dynamic Education and the Problems Rodamap Education in Indonesia. Bulletin of Pedagogical Research, 2(1), 47-52.

https://m.jpnn.com, Islam Kita Islam Nusantara, diakses pada tanggal 15 April

https://www.nu.or.id/post/read/96898/agenda-di-balik-pembagian-tiga-macam- tauhid-ala-ibnu-taimiyah, diakses pada tanggal 27 Juli 2021.

Imam Syafe’i. “Pengaruh Tingkat Pengetahuan Agama Terhadap Persepsi Mahasiswa Pada Gerakan Radikalisme Berbasis Agama”. At-Tadzkiyyah : Jurnal Pendidikan Islam Vol. 9 Edisi I. 2018.

Rahimah, R., Juriah, N., Karimah, N., Hilmatunnisa, H., & Sandra, T. (2020). The problems and solutions for learning activities during Covid-19 pandemic disruption in Hidayatul Insan Pondok school. Bulletin of Community Engagement, 1(1), 13-20.

Setiyanto, A., Subandi, S., Setiawan, A., & Fadillah, M. K. (2021). The Problems of Islamic Education Learning at Islamic Vocational High School Raden Fatah Tugumulyo, South Sumatra. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 83-105.

Supriyono, S. (2022). Religion and Scientific Culture in Learning Curriculum 2013. Bulletin of Pedagogical Research, 2(1), 26-46.

John w. Creswell, 2016. Research Design, Yogyakarta; Pustaka Pelajar.

Mohammad Mulyadi, ”Penelitian Kuantitatif Dan Kualitatif Serta Pemikiran

Dasar Menggabungkannya”Jurnal Studi Komunikasi Dan Media Vol. 15

No. 1 Januari – Juni 2011.

Downloads

Published

2022-06-04

How to Cite

Abidin Muhammat, Subandi, & Tukiran. (2022). Penanaman Nilai-Nilai Islam Nusantara (Islam Moderat) di Pondok Pesantren Daarul Muttaqiin Lampung Tengah. Jurnal Al-Hikam, 3(1), 33–37. https://doi.org/10.0000/ah.v3i1.17