Peran Pendidik dalam Mengatasi Hambatan Psikologis Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Penulis

  •  Ahmad Soim Mustofa  Institut Agama Islam Maarif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
  •  Dedi Setiawan  Institut Agama Islam Maarif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia
  •  Mispani  Institut Agama Islam Maarif NU (IAIMNU) Metro Lampung, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.0000/ah.v3i1.15

Abstrak

Berhasil dalam sebuah proses pembelajaran tidak terlepas dari kemampuan pendidik untuk mengembangkan model dan sistem pembelajaran yang berorientasi pada peningkatan intensitas keterlibatan peserta didik secara efektif didalam proses pembelajaran. Proses pembelajaran yang tepat pada dasarnya bertujuan untuk menciptakan kondisi pembelajaran yang memungkinkan peserta didik dapat belajar secara aktif dan menyenangkan sehingga peserta didik dapat meraih hasil belajar dan prestasi yang optimal. Perubahan perilaku yang relative adalah yang muncul melalui pengalaman.

Peran pendidik dalam mengatasi hambatan psikologis peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Terpadu Nurul Qodiri. Kendala-kendala mengatasi hambatan psikologis peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Terpadu Nurul Qodiri. Upaya yang dilakukan guru mengatasi hambatan psikologis peserta didik dalam proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMK Terpadu Nurul Qodiri.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah adalah metode penelitian kualitatif lapangan. Alat pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik penjamin keabsahan data menggunakan triangulasi dan teknik analisis data menggunakan reduksi data, data display, dan pengambilan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa hambatan psikologis peserta didik dalam proses pembelajaran terjadi dikarenakan beberapa faktor yang mempengaruhi proses belajar yaitu kecerdasan peserta didik, ketidak adanya minat peserta didik yang berpengaruh pada kegiatan aktivitas belajar, jika tidak ada motivasi hal ini akan mengganggu keefektifan dalam kegiatan belajar, sikap peserta didik tidak akan menjadi hambatan dalam proses belajar.

Referensi

Abidin,Zaenal. 2015. Wahabisme: Transnasionalisme dan Gerakan-Gerakan Radikal Islam di Indonesia. dalam Jurnal Tasâmuh Volume 12, No. 2, Juni 2015,

Asnawan, A. (2021). Enhancement Integrated Quality Management in Islamic Education Institutions. Bulletin of Science Education, 1(1), 42-49.

Abraham Utama, BBC News Indonesia, Tahun 2018

Anam, Chairul. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Nahdlatul Ulama, Surabaya: Duta Aksara Mulia

Amin Rais, M. 2007. Cakrawala Islam, Bandung: Mizan

Aqil Siradj, Said. 2008. Ahlussunnah wal Jama’ah; Sebuah Kritik Historis, Jakarta: Pustaka Cendikiamuda.

Arifin, H.M. 2007. filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara

Arifin. M. 1991. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Bumi Aksara

Asfar, Muhammad. Islam Lunak Islam Radikal Pesantren, Terorisme dan Bom Bali . Surabaya:Jp Pres

Caplin, James, 1993. Kamus Lengkap Psikologi, Jakart:Raja Grafindo Persada

Chatib, Thoba. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogjakarta: Pustaka Belajar

Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi, 2005. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Bumi Aksara

Darajat, Zakiyah. 2002. Dasar-Dasar Agama Islam, Jakarta:Bulan Bintang

Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka 1999

Fatahillah, M., & Afadh, M. (2022). The Dynamic Education and the Problems Rodamap Education in Indonesia. Bulletin of Pedagogical Research, 2(1), 47-52.

Hadi, Sutrino. 2001. Metodologi Research I, Yogyakarta: Andi Offset

J. Moleong, Lexy, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya

Jajang Jahroni, Jamhari. 2004. Gerakan salafi radikal di Indonesia., Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada

Kristiawan, M., Suhono, S., Yussof, M. H. B., & Muslimah, M. (2021). The International School’s Culture in Indonesia and Brunei Darussalam. Jurnal Iqra': Kajian Ilmu Pendidikan, 6(1), 180-191.

Putra, P., Liriwati, F. Y., Tahrim, T., Syafrudin, S., & Aslan, A. (2020). The students learning from home experience during covid-19 school closures policy in indonesia. Jurnal Iqra, 5(2).

Janawi, 2012. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional, Bandung: Alfabeta,

Nabila, S. U., & Rochanah, R. (2022). Implementation of Sufistic Counseling on Overcoming Game Online to Children at Kragan Village. Bulletin of Science Education, 2(2), 84-89.

KH. Hasyim Asy’ari, Risalah Ahlussunnah wal Jamaah (PDF).

Sari, Y. A., Septiyana, L., Suhono, S., Anggaira, A. S., & Umar Al Faruq, A. H. (2021). Corrective Feedback in Learning Interaction: Integration of Surface Strategy Taxonomy. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 13(3), 2266-2280.

Septrisia, R., & Suhono, S. (2021). Affecting Factors of Learning Quality for English Teachers at SMP Negeri Mandailing Natal. Attractive: Innovative Education Journal, 3(3), 226-235.

Setiyanto, A., Subandi, S., Setiawan, A., & Fadillah, M. K. (2021). The Problems of Islamic Education Learning at Islamic Vocational High School Raden Fatah Tugumulyo, South Sumatra. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 83-105.

Wahyuni, W., Jannah, S. R., & Fadillah, K. (2021). The Role of Teacher Islamic Education in Shaping Student Morals at State Junior High School 03 Baradatu Way Kanan Regency. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 136-146.

Yuskar, B. O., Suhono, S., Mustaqim, A. H., Indarti, D., Palupi, M. E., & Pratiwi, W. (2022). The Development of SynSysSolStiSat Learning Model with Social-Based Behavior and Ability in Teaching Adverbs of Frequency Virtually. Attractive: Innovative Education Journal, 4(1), 79-90.

Diterbitkan

2022-06-04

Cara Mengutip

Ahmad Soim Mustofa, Dedi Setiawan, & Mispani. (2022). Peran Pendidik dalam Mengatasi Hambatan Psikologis Peserta Didik dalam Proses Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Al-Hikam, 3(1), 9–17. https://doi.org/10.0000/ah.v3i1.15

Terbitan

Bagian

Artikel