Internalisasi Nilai-Nilai Aswaja dalam Menangkal Radikalisme di MaA Khozinatul Ulum Seputih Banyak Kabupaten Lampung Tengah
DOI:
https://doi.org/10.0000/ah.v3i1.18Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh maraknya perkembangan kelompok-kelompok Islam radikal yang berusaha mengacaukan bangunan-bangunan Islam yang ada. Wajah-wajah Islam yang humanis dan toleran dihancurkan oleh konsep-konsep agama yang mereka bawa, mereka menampilkan wajah yang eksklusif dan kaku dan tidak ragu untuk melakukan kekerasan untuk mencapai tujuan mereka. Keberadaan organisasi keagamaan diharapkan dapat mendukung perkembangan kelompok Islam radikal ini. Nahdlatul Ulama yang adalah Ahlussunnah wal Jamaah dan salah satu organisasi keagamaan terbesar dan tertua di Indonesia diharapkan untuk mengatasi fenomena radikalisme ini. Untuk mengetahuinya, peneliti merumuskan pertanyaan-pertanyaan penelitian sebagai berikut: (1) Bagaimana konsep nilai-nilai Aswaja dalam mencegah radikalisme di MA Khozinatul Ulum Seputih Banyak Lampung Tengah. (2) Bagaimana proses internalisasi nilai-nilai Aswaja dalam mencegah radikalisme di MA Khozinatul Ulum Seputih Banyak Lampung Tengah.. (3) Bagaimana hasil internalisasi nilai-nilai Aswaja dalam mencegah radikalisme di MA Khozinatul Ulum Seputih Banyak Lampung Tengah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik paparan informan, dengan temuan secara deskriptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi partisipan, wawancara mendalam dan analisis dokumentasi. Mengingat bahwa penelitian dilakukan di lebih dari satu situs (multi-situs), maka, pertama-tama data yang dikumpulkan akan dianalisis secara individual, setelah itu, analisis data lintas-situs akan dilakukan
Kata Kunci: Organisasi Manajemen, Mutu Pendidikan Islam, Manajemen Pendidikan Islam
Referensi
Abidin, Zaenal. 2015. Wahabisme: Transnasionalisme dan Gerakan-Gerakan Radikal Islam di Indonesia. dalam Jurnal Tasâmuh Volume 12, No. 2, Juni 2015,
Abraham Utama, BBC News Indonesia, Tahun 2018
Anam, Chairul. 2010. Pertumbuhan dan Perkembangan Nahdlatul Ulama, Surabaya: Duta Aksara Mulia
Amin Rais, M. 2007. Cakrawala Islam, Bandung: Mizan
Aqil Siradj, Said. 2008. Ahlussunnah wal Jama’ah; Sebuah Kritik Historis, Jakarta: Pustaka Cendikiamuda.
Arifin, H.M. 2007. filsafat Pendidikan Islam, Jakarta: Bina Aksara
Arifin. M. 1991. Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta:Bumi Aksara
Asfar, Muhammad. Islam Lunak Islam Radikal Pesantren, Terorisme dan Bom Bali . Surabaya:Jp Pres
Caplin, James, 1993. Kamus Lengkap Psikologi, Jakart:Raja Grafindo Persada
Chatib, Thoba. 1996. Kapita Selekta Pendidikan Islam, Yogjakarta: Pustaka Belajar
Cholid Narbuko dan Abu Ahmadi, 2005. Metodologi Penelitian, Jakarta: PT Bumi Aksara
Darajat, Zakiyah. 2002. Dasar-Dasar Agama Islam, Jakarta:Bulan Bintang
Depertemen Pendidikan dan Kebudayaan, 1999. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka 1999
Fatahillah, M., & Afadh, M. (2022). The Dynamic Education and the Problems Rodamap Education in Indonesia. Bulletin of Pedagogical Research, 2(1), 47-52.
Hadi, Sutrino. 2001. Metodologi Research I, Yogyakarta: Andi Offset
Setiyanto, A., Subandi, S., Setiawan, A., & Fadillah, M. K. (2021). The Problems of Islamic Education Learning at Islamic Vocational High School Raden Fatah Tugumulyo, South Sumatra. Bulletin of Pedagogical Research, 1(1), 83-105.
Syafutra, S., Montessori, M., & Suhono, S. (2021). Local Awareness in Making Social Integration of Society at Mendahara District. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 6(2), 278-292.
J. Moleong, Lexy, 2005. Metodologi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosda Karya
Jajang Jahroni, Jamhari. 2004. Gerakan salafi radikal di Indonesia., Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada
Janawi, 2012. Kompetensi Guru Citra Guru Profesional, Bandung: Alfabeta,
KH. Hasyim Asy’ari, Risalah Ahlussunnah wal Jamaah (PDF).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sholihin, Subandi, Tukiran
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.