Manajemen Strategi Pendidikan Islam Menggunakan Analisis SWOT (Studi Kasus Di SMK Al Khoiriyah)
DOI:
https://doi.org/10.0000/ah.v4i2.43
Keywords:
Manajemen Strategi, Pendidikan Islam, SWOTAbstract
Lembaga pendidikan dalam meningkatkan kualitas dan kredibilitasnya harus memiliki strategi yang jitu. Selain itu, lembaga pendidikan harus bisa mencetak lulusan yang siap guna serta dapat bersaing secara sehat dan mandiri dengan menggunakan strategi dan rancangan manajemen yang tepat. SWOT dalam rangka menciptakan cita-cita tesebut hadir dan bergerak secara berdampingan di dalam arus lembaga pendidikan. Lembaga pendidikan dengan praktik atau penerapan SWOT diharapkan mampu menghadapi tantangan dan halangan lembaga tersebut dari dunia luar. SWOT digunakan di dalam lembaga pendidikan untuk meningkatkan kualitas lembaga dan lulusan sehingga lembaga tidak ketinggalan zaman dalam meningkatkan citranya. Penelitian ini menggukana cara pendekatan yang biasa disebut dengan kualitatif yang mengedepankan hasil berupa deskripsi berupa narasi dan berupa kata-kata.
References
Adhitya Wulanata Chrismastianto, I. (2017). Analisis swot implementasi teknologi finansial terhadap kualitas layanan perbankan di indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis (Vol. 20).
Aini, Y. R. F., & Syarifuddin. (2016). Pengaruh Status Sekolah, Rencana Pendidikan Setelah Tamat SMA dan Latar Belakang Pendidikan Orang tua Terhadap Literasi Sains Siswa SMA Kelas XI IPA Se-Kota Kisaran Tahun Pembelajaran 2015/2016. Jurnal Pelita Pendidikan, 4(1), 128–136.
Aziz Q, I. (2022). Peran Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Kepribadian Remaja (Studi Kasus di Kelurahan Karangrejo Kota Metro). JurnalAl-Hikam, 3(1), 1–8.
Daft, R. L. (2017). Era Baru Manajemen, Edisi Sembilan. Era baru manajemen.
Kholis, N. (2014). Manajemen Strategi Pendidikan (Formulasi, Implementasi, Dan Pengawasan). Surabaya: UIN Sunan Ampel Press.
Kurniasih, D., & Dkk. (2021). Teknik Analisis. Bandung: Alfabeta.
Lestari, T. A., & Mariah, S. (2018). Strategi Pengembangan Sistem Informasi Akademik Dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.24246/j.jk.2018.v5.i1.p15-23
Moleong, L. J. (2007). Metodologi Penelitian Kualitatif. PT. Remaja Rosda Karya (Vol. 103).
Ni’mah, I. K., Zunaidah, A., & dan Achmad Roziqin. (2023). Penggunaan, Flash Card untuk Meningkatkan Kemampuan Menghafal Kosa Kata Bahasa Arab. Shibghoh: Prosiding Ilmu Kependidikan UNIDA Gontor, 1, 269–274.
Rangkuti, F. (2015). Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis,PT.Graedia,Jakarta. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta Bandung.
Sujoko, E. (2017). STRATEGI PENINGKATAN MUTU SEKOLAH BERDASARKAN ANALISIS SWOT DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA. Kelola: Jurnal Manajemen Pendidikan, 4(1). https://doi.org/10.24246/j.jk.2017.v4.i1.p83-96
Suseno, yoyok eko. (2013). Perbedaan Persepsi Antara Siswa Sekolah Negeri Dan Swasta Terhadap Pembelajaran Guru Pendidikan Jasmani 59. Jurnal Pendidikan Olahraga Dan Kesehatan, 59–63.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2023 RIYANTO, Sevia Umi Wardini, Achmad Daroini

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.