Pendidikan Mitigasi Bencana Pada SD Islam Al Amanah Cileunyi
DOI:
https://doi.org/10.0000/ah.v5i1.51Keywords:
pendidikan mitigasi, bencana, siswa.Abstract
Indonesia sering mengalami bencana, dan upaya kesiapsiagaan dilakukan melalui kebijakan pembangunan rawan bencana, langkah pencegahan, respons darurat, dan pemulihan. Ini sejalan dengan usaha pengurangan risiko bencana, di mana pembatasan kerusakan menjadi fokus utama. Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2007 tentang Penanggulangan Bencana Pasal 1 angka 9 mengatur langkah-langkah untuk mengurangi risiko bencana melalui pembangunan fisik, penyadaran, dan peningkatan kemampuan mengatasi ancaman bencana. Siswa yang tinggal di daerah rawan bencana diharuskan menjalani pelatihan kesiapsiagaan bencana. Meskipun Indonesia rentan terhadap bencana alam, upaya penanggulangan bencana dianggap masih rendah, kesadaran pencegahan bencana masih kurang, dan partisipasi masyarakat terbatas. Pendidikan pencegahan bencana di sekolah menjadi penting, mengingat banyaknya korban jiwa dan kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kerentanan dan mitigasi bencana. Anak-anak dianggap sangat rentan terhadap bencana, dipengaruhi oleh faktor lingkungan dan kurangnya kesiapan saat bencana terjadi. Penelitian bertujuan untuk mengevaluasi kegiatan pendidikan pencegahan bencana di SD Islam Al Amana, dengan fokus pada kesiapsiagaan dan respons terhadap bencana. Pelatihan pencegahan bencana memberikan pemahaman tentang persiapan dan respons yang tepat terhadap bencana. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif dan kualitatif, berdasarkan literatur yang relevan dan jurnal Google Scholar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SD Islam Al Amana Cileunyi telah berhasil menerapkan langkah-langkah pencegahan bencana dan mencapai hasil yang positif.
References
Anafiah, Siti, ‘Pemanfaatan Komik Anak Sebagai Media Mitigasi Bencana’, Widyaparwa, 42.2 (2014), 25–28
Arifin, Muhammad, ‘Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan’, Implementation Science, 39.1 (2014), 1
Auliya Vilda Ghasya, Dyoty, and Kartono Kartono, ‘Deskripsi Kelayakan Aspek Bahasa Pada Prototipe E-Book Mitigasi Bencana Sebagai Edukasi Sadar Bencana Siswa Sekolah Dasar’, Jurnal Metamorfosa, 9.2 (2021), 285–99
Ayub, Syahrial, Kosim Kosim, and I Wayan Gunada, ‘Penerapan Teknik Moderasi Terhadap Implementasi Model Pembelajaran Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar’, ORBITA: Jurnal Kajian, Inovasi Dan Aplikasi Pendidikan Fisika, 7.2 (2021), 415
Dewi, Anggita Ratna, ‘Penerapan Kebijakan Sekolah Siaga Bencana Tingkat Sekolah Dasar Di Yogyakarta’, Jurnal HIGEIA, 4.1 (2020), 286–95
Dewi, Rikha Surtika, and Nadhini hudha Anggarasari, ‘Mitigasi Bencana Pada Anak Usia Dini’, Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 3.1 (2020), 68–77
Hasanah Hasyim,' teknik-teknik observasi', Volume 8, Jurnal at-Taqaddum, , Nomor 1, Juli 2016 Hal 26
Fadli, Muhammad Rijal, ‘Memahami Desain Metode Penelitian Kualitatif’, Humanika, 21.1 (2021), 33–54
Firmansyah, Muhammad, Masrun Masrun, and I Dewa Ketut Yudha S, ‘Esensi Perbedaan Metode Kualitatif Dan Kuantitatif’, Elastisitas - Jurnal Ekonomi Pembangunan, 3.2 (2021), 156–59
Hanso, Blum, ‘Media Pembelajaran Komik Sebagai Sarana Literasi Informasi Dalam Pendidikan Mitigasi Bencana Di Sekolah Dasar’, Repository.Usd, 4.2017 (2016), 1–23
Irawan, Irawan, Yuli Subiakto, and Bambang Kustiawan, ‘Manajemen Mitigasi Bencana Pada Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Mengurangi Risiko Bencana Gempa Bumi’, PENDIPA Journal of Science Education, 6.2 (2022), 609–15
Keselamatan, Pendidikan, and D I Sekolah, ‘Gambaran Penerapan Safety Education (Pendidikan Keselamatan) Di Sekolah Dasar’, JHE (Journal of Health Education), 2.1 (2017), 66–72
Lestari, Fitri Sekar, ‘Mitigasi Bencana Alam Geografi Kelas XI’, Sman3Simpanghilir.Sch.Id, 2020, 1–43
Parjaman, Tatang, and Dede Akhmad, ‘Ebagai “Jalan Tengah” Atas Dikotomi Kuantitatif-Kualitatif’, Jurnal Moderat, 5.4 (2019), 530–48
Rahma, Aldila, ‘Implementasi Program Pengurangan Risiko Bencana(PRB) Melalui Pendidikan Formal’, Jurnal VARIDIKA, 30.1 (2018), 1–11
Rijali, Ahmad, ‘Analisis Data Kualitatif Ahmad Rijali UIN Antasari Banjarmasin’, 17.33 (2018), 81–95
Roro, Rahadian, Siti Karimah, Bella Angelica Kauno, Syerina Silvi Fitriyah, Muslikha Nourma, Universitas Nahdlatul, and others, ‘729-Article Text-4783-3-10-20230304’, 4.1 (2023), 106–11
Suhardjo, Dradjat, ‘Arti Penting Pendidikan Mitigasi Bencana Dalam Mengurangi Resiko Bencana’, Jurnal Cakrawala Pendidikan, 2, 2015, 174–88
Sunarti, Vevi, ‘Peranan Pendidikan Luar Sekolah Dalam Rangka Mitigasi Bencana’, SPEKTRUM: Jurnal Pendidikan Luar Sekolah (PLS), 2.2 (2014)
Suryaningsih, Eni, and Laila Fatmawati, ‘Pengembangan Buku Cerita Bergambar Tentang Mitigasi Bencana Erupsi Gunung Api Untuk Siswa Sd’, Profesi Pendidikan Dasar, 4.2 (2017), 113–24
Taklal, Selvi Afliana, Elvira Gabriella Ikka, Johanna Ajeng, and Evi Deliviana, ‘Pendidikan Kebencanaan Bagi Siswa Berkebutuhan Khusus’, Orien: Cakrawala Ilmiah Mahasiswa, 3.1 (2023), 1–6
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2024 Alfia Rahmatul, Indah Puspa Haji
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.